Sang Bhagava Memasuki Parinibbana

Setelah itu Sang Bhagava memasuki Jhana kesatu. Keluar dari Jhana kesatu, Beliau memasuki Jhana kedua. Keluar dari Jhana kedua, Beliau memasuki Jhana ketiga. Keluar dari Jhana ketiga, Beliau memasuki Jhana keempat. Dan keluar dari Jhana keempat, Beliau memasuki “Ruang Tak Terbatas”. Keluar dari “Ruang Tak Terbatas”, Beliau memasuki “Kesadaran Tak Terbatas”. Keluar dari “Kesadaran Tak Terbatas”, Beliau memasuki keadaan “Kosong”, Beliau memasuki keadaan “Bukan Penyerapan pun bukan Bukan Penyerapan”. Keluar dari keadaan “Bukan Penyerapan pun dan bukan Bukan Penyerapan”, Beliau mencapai keadaan “Penghentian Penyerapan dan Perasaan”.

Ananda berkata kepada Ayasma Anuruddha, “Bhante, Sang Bhagava sudah mangkat!”

Belum, Avuso Ananda, Sang Bhagava masih belum mangkat. Beliau sekarang berada dalam keadaan “Penghentian Penyerapan dan Perasaan.”

Kemudian Sang Bhagava bangun dari keadaan “Penghentian Penyerapan dan Perasaan” lalu memasuki keadaan “Bukan Penyerapan pun bukan Bukan Penyerapan”. Keluar dari keadaan “Bukan Penyerapan pun bukan Bukan Penyerapan”, lalu memasuki keadaan “Kosong”. Keluar dari keadaan “Kosong”, Beliau memasuki keadaan “Kesadaran Tak Terbatas”. Keluar dari “Kesadaran Tak Terbatas”, Beliau memasuki “Ruang Tak Terbatas”. Keluar dari “Ruang Tak Terbatas”, Beliau memasuki Jhana keempat. Keluar dari Jhana keempat, Beliau memasuki Jhana ketiga. Keluar dari Jhana ketiga, Beliau memasuki Jhana kedua. Keluar dari Jhana Kedua, Beliau memasuki Jhana kesatu.



Keluar dari Jhana kesatu, Beliau kembali memasuki Jhana kedua. Keluar dari Jhana kedua, Beliau kembali memasuki Jhana ketiga. Keluar dari Jhana ketiga, Beliau memasuki Jhana keempat. Keluar dari Jhana keempat, Sang Bhagava segera mengakhiri hidup-Nya dan memasuki Parinibbana.