Empat Tempat untuk Berziarah

Empat tempat, Ananda, yang harus dikunjungi oleh seorang yang berbakti dan dipandang dengan penuh perasaan hormat. Empat tempat manakah itu?

Tempat di mana Sang Tathagata dilahirkan!” Ini, Ananda, adalah tempat yang harus dikunjungi oleh seorang yang berbakti dan dipandang dengan penuh perasaan hormat.

video

Tempat di mana Sang Tathagata memperoleh Penerangan Agung. Penerangan Sempurna yang tak ada bandingannya!” Ini, Ananda, adalah tempat yang harus dikunjungi oleh seorang yang berbakti dan dipandang dengan penuh perasaan hormat.

video

Tempat di mana Sang Tathagata untuk pertama kali memutar Roda Dhamma!” Ini, Ananda, adalah tempat yang harus dikunjungi oleh seorang yang berbakti dan dipandang dengan penuh perasaan hormat.

video

Tempat di mana Sang Tathagata memasuki Parinibbana dan tidak ada lagi tersisa unsur-unsur kemelekatan!” Ini, Ananda, adalah tempat yang harus dikunjungi oleh seseorang yang berbakti dan dipandang dengan penuh perasaan hormat.

video

Ananda, itulah empat tempat yang harus dikunjungi oleh seorang yang berbakti dan dipandang dengan penuh perasaan hormat. Dan sesungguhnya, Ananda, empat tempat tersebut akan dikunjungi oleh para bhikkhu, bhikkhuni, upasaka dan upasika yang berbakti. Dan di tempat-tempat itu mereka akan merenung, “Di tempat ini Sang Tathagata dilahirkan!”; “Di tempat ini Sang Tathagata memperoleh Penerangan Agung, Penerangan Sempurna yang tak ada bandingannya!”; “Di tempat ini Sang Tathagata untuk pertama kali memutar Roda Dhamma!”; “Di tempat ini Sang Tathagata memasuki Parinibbana dan tak ada lagi tersisa unsur-unsur kemelekatan!”

Dan, Ananda, siapapun juga yang dalam perjalanan ziarah tersebut meninggal dunia dengan hati penuh keyakinan, maka orang itu setelah badan jasmaninya hancur setelah mati, akan bertumimbal lahir di alam-alam surga yang bahagia.